Bagi Anda yang ingin melakukan transaksi jual beli tempat tinggal walaupun melalui agen penjualan rumah. Pastikan terlebih dahulu telah paham mengenai tips membeli tempat tinggal bekas yang aman dan tidak mudah tertipu.

Saat ini membeli tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan primer. Namun kenyataannya harga jual hunian ini terbilang sangat tinggi ditambah lagi nilai properti yang selalu naik tiap tahunnya.

Tips Membeli Rumah Bekas dengan Agen Penjualan Rumah

Salah satu cara mendapatkan tempat hunian dengan harga tidak terlalu tinggi bisa dengan membeli tempat tinggal bekas melalui agen untuk penjualan rumah. Namun tetap perhatikan beberapa tips di bawah ini.

  1. Periksa Keadaan Bangunan dengan Teliti

Tips pertama adalah periksa keadaan bangunan dengan teliti. Anda bisa mendatangi calon rumah bersama agen penjualan rumah sebagai perantara dan cermati bagian bangunan secara menyeluruh.

Beberapa hal yang perlu Anda periksa misalnya, tingkat kelembapan dinding, sistem dan suplai air bersih, saluran pembuangan, ketahanan rumah yang terbuat dari kayu misalnya kusen pintu dan jendela, serta pemeriksaan bagian atap dan genting.

  • Mencari Tahu Status Legalitas Bangunan

Tips selanjutnya adalah mencari tahu status legalitas tempat tinggal. Untuk hal ini, Anda bisa tanyakan langsung kepada pemilik rumah atau agen penjualan rumah sebagai perantara.

Pastikan tempat tinggal yang akan Anda beli terbebas dari kasus permasalahan seperti tindak penipuan serta memiliki legalitas untuk dijual dan dibeli.

  • Memastikan Surat-Surat Rumah Lengkap

Tips selanjutnya adalah memastikan surat-surat rumah lengkap. Sebelum deal dalam transaksi jual beli, cek terlebih dahulu kelengkapan surat-suratnya. Anda dapat meminta bukti kelengkapan melalui agen penjualan rumah.

Beberapa kelengkapan surat antara lain, surat kepemilikan tanah, akta jual beli, sertifikat izin mendirikan bangunan, surat pajak bumi dan bangunan, serta bukti pembayaran tagihan PDAM, telpon, dan listrik.

Bukti pembayaran tagihan bertujuan untuk memastikan layanan tidak dicabut ketika Anda akan menempati rumah bekas penjual.

  • Memperhitungkan Biaya Lainnya

Tips selanjutnya adalah menghitung biaya lainnya. Beberapa biaya ekstra yang perlu diperhitungkan antara lain biaya akta jual beli, biaya balik nama, hingga biaya PNBP dan PPh.

Jika Anda melakukan pembelian dengan bantuan perantara. Maka keseluruhan perhitungan dapat menggunakan agen penjualan rumah yang telah berpengalaman dalam transaksi jual beli seperti ini. Keyword : agen penjualan rumah
Deskripsi : cek terlebih dahulu kelengkapan surat-suratnya. Anda dapat meminta bukti kelengkapan melalui agen penjualan rumah.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan